Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

Baik itu sering dipakai maupun jarang dipakai, mobil harus selalu ganti oli secara rutin. Hanya saja rentang waktu penggantian oli bagi mobil yang sering digunakan dan jarang digunakan berbeda. Namun jarang pemilik mobil yang memperhatikan hal ini dan mengabaikannya bahkan tidak mengganti oli mobil tepat waktu dan hanya ditunda-tunda hingga akhirnya terjadi kerusakan pada komponen mobil.

Oli sendiri merupakan cairan yang memiliki peranan penting untuk melindungi komponen mesin dan mendukung performa mesin saat sedang beroperasi. Maka dari itu oli sangatlah penting dan harus diganti secara rutin untuk menjaga kualitas oli dan mobil. Oli yang digunakan haruslah sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mobil sehingga harus diketahui oleh pemiliknya agar tidak salah memilih.

Cara Ganti Oli Mesin

Kesalahan pemilihan oli dan tidak mengganti oli secara rutin dapat berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil bahkan dapat menyebabkan kerusakan fatal. Apalagi jika mobil jarang digunakan dan dipanaskan yang akan menyebabkan kualitas oli menurun seperti menggumpal dan mengendap.

Akibatnya oli tidak dapat mengalir ke seluruh komponen mesin dan fungsinya sebagai pelumas menjadi menurun sehingga komponen mobil rentan rusak. Untuk tips-tips mengganti oli mobil dengan tepat yaitu :

  1. Beli oli yang sesuai

Setiap mobil memiliki standar kebutuhan oli yang berbeda-beda sehingga oli yang digunakan haruslah yang memang sesuai dengan kebutuhan mobil. Mobil-mobil dengan teknologi terkini biasanya memiliki jalur pelumas oli yang lebih sempit dibandingkan dengan mobil yang sudah lama sehingga kebutuhan olinya juga akan berbeda.

Setiap oli juga memiliki viskositas atau tingkat kekentalan yang berbeda sehingga apabila kekentalan oli tidak sesuai dengan kebutuhan mobil maka penggunaan bahan bakar akan lebih boros. Untuk melihat tingkat kekentalan biasanya akan tertulis pada label oli seperti SAE 0W-20, 5W-30, 10W-30, 15W-5, dan lainnya.

  1. Siapkan peralatan

Apabila oli sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Siapkan dongkrak apabila mobil anda termasuk mobil hatchback, sedang dan mobil-mobil yang memiliki ground clearance rendah. Siapkan kunci pas sesuai dengan baut pada mobil biasanya membutuhkan ukuran kunci 17 atau 19. Sediakan juga corong untuk memudahkan penuangan oli, baskom dan wadah untuk menampung oli bekas.

  1. Panaskan mesin mobil

Sebelum mengganti oli, sebaiknya panaskan mesin mobil terlebih dahulu hingga bersuhu hangat agar kondisi oli lebih ideal untuk diganti. Hal ini membuat partikel kotoran oli akan ikut terbawa dengan adanya sirkulasi yang baik di dalam mobil setelah dipanaskan. Mobil juga sebaiknya diparkirkan di tempat yang rata.

  1. Buka kap dan kenop oli

Apabila suhu mesin mobil sudah dirasa cukup hangat, dongkrak mobil dan buka kap mesin serta kenop oli. Hal ini bertujuan agar terdapat dorongan udara dari luar sehingga oli bekas akan lebih mudah mengucur keluar saat baut pembuangan dibuka.

  1. Buka baut pembuangan

Langkah selanjutnya yaitu dengan membuka baut pembuangan yang biasanya terletak pada persih di bagian bawah blok mesin mobil. Sebelum itu, letakkan baskom atau wadah tepat di bawah tempat pembuangan untuk menampung oli yang kotor. Setelah baut dibuka, biarkan oli mengucur hingga benar-benar habis. Tidak perlu menyemprotkan kompresor karena bisa saja mengandung air.

  1. Ganti filter oli

Jangan lupa untuk membersihkan filter oli namun apabila sudah terlalu kotor dan lama tidak diganti, sebaiknya ganti dengan filter yang baru. Apabila filter jarang diganti maka dapat menyebabkan kerusakan komponen karena penyaringan kotoran sudah tidak maksimal dan kotoran dapat masuk ke mesin bersama dengan oli. Pasang filter oli yang baru setelah oli terkuras habis dan tutup rapat baut agar tidak terjadi kebocoran.

  1. Tuang oli baru

Setelah itu tuang oli baru dengan bantuan corong agar tidak tercecer. Isi sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan mesin mobil. Setelah selesai, tutup kenop oli dengan rapat dan bersihkan mesin di sekitarnya dengan lap apabila tertetes oli. Turunkan dongkrak dan panaskan mesin mobil sebentar untuk membantu sirkulasi oli.

Inilah cara ganti oli mobil sendiri di rumah. Caranya sangat mudah sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah jika anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel. Namun apabila anda masih takut dan tidak memiliki perlengkapan yang memadai, cukup hubungi Montir.id dan teknisi akan datang ke lokasi untuk membantu mengganti oli mobil anda. Jadi anda tidak perlu repot mengganti oli atau membawa mobil ke bengkel dengan adanya Montir.id.