Jangan Sampai Salah, Ternyata Ini Perbedaan Servis Rutin dan Tune Up

Jangan Sampai Salah, Ternyata Ini Perbedaan Servis Rutin dan Tune Up

Servis rutin dan tune up mungkin sudah bukan istilah asing lagi bagi para pemilik mobil. Keduanya sama-sama bertujuan untuk menjaga performa mobil tetap maksimal. Orang yang tidak terlalu memahami dunia otomotif akan menganggap kedua hal tersebut adalah hal yang sama, padahal berbeda. Tahukah Anda perbedaan antara servis rutin dan tune up? Pada tulisan ini akan dijelaskan tentang perbedaan tersebut.

Mobil memang salah satu jenis kendaraan yang sangat membutuhkan perawatan. Bukan hanya bertujuan untuk menjaga performa tetap maksimal, namun juga untuk memperpanjang usia mobil. Ada berbagai komponen yang harus mendapatkan perawatan secara rutin seperti bodi, mesin, ban, AC, jok, dan lain-lain. Satu komponen rusak bisa mempengaruhi komponen yang lain.

Perbedaan Servis Rutin dan Tune Up

  1. Servis rutin

Hal pertama yang akan dibahas adalah mengenai servis rutin. Servis rutin adalah jenis perawatan yang biasanya hanya melakukan pengecekan tentang kondisi mobil saja. Ada beberapa jenis servis rutin dengan cara pengerjaan yang berbeda-beda. Untuk servis rutin pertama biasanya akan dilakukan ketika mobil sudah mencapai 1.000 km perjalanan.

Servis rutin yang pertama ini memang tidak banyak yang dilakukan terhadap mobil karena belum terlalu lama digunakan. Mekanik biasanya hanya akan melakukan pengecekan komponen dan melakukan pembersihan. Beberapa komponen yang diperiksa antara lain sistem kemudi, tekanan angin, filter udara, idle mesin, baut pada roda, dan sistem aki.

Untuk masalah biaya, pada servis rutin 1.000 km perjalanan ini biasanya tidak dikenakan biaya karena masih masuk masa garansi. Namun, mungkin beberapa jenis mobil menerapkan sistem yang berbeda. Bisa jadi akan dikenakan biaya Rp180.000,00 hingga Rp600.000,00. Setelah itu, servis rutin perlu dilakukan setelah 5.000 km perjalanan.

  1. Tune Up

Selanjutnya adalah tune up. Istilah tune up ini sering disamakan dengan servis rutin. Padahal, jelas-jelas kedua istilah tersebut berbeda. Selain servis rutin, mobil juga harus dilakukan tune up. Tune up merupakan jenis perawatan yang bertujuan membuat komponen-komponen mobil menjadi prima dan berfungsi normal seperti sebelumnya.

Perawatan ini adalah sebuah standardisasi komponen-komponen mobil supaya sistem kinerjanya dapat kembali seperti sedia kala. Tune up dilakukan ketika mobil sudah terasa tidak nyaman saat dikendarai. Lain halnya dengan servis rutin, tune up biasanya memakan biaya yang lebih mahal. Akan tetapi, biaya tersebut akan sebanding dengan hasilnya. Beberapa komponen yang wajib diperiksa saat melakukan tune up adalah sebagai berikut.

  • Filter udara

Filter udara adalah komponen yang diperiksa pertama kali ketika mobil dilakukan tune up. Bila filter udara ini masih dalam kondisi bagus, maka petugas hanya akan melakukan pembersihan saja. Namun, jika filter udara kotor akan diganti dengan filter yang baru.

  • Karburator

Selanjutnya, mekanik juga akan melakukan pemeriksaan karburator. Biasanya saat memeriksa karburator akan dilakukan juga penyetelan ulang RPM.

  • Celah busi

Meskipun celah busi sudah diset oleh pabriknya, namun sering kali posisi celah ini berubah. Hal ini seiring dengan adanya interaksi antara busi dengan tekanan kompresi dan menyebabkan celah tersebut menjadi berubah.

  • Celah katup

Komponen yang tidak kalah penting diperiksa saat melakukan tune up adalah celah katup. Celah katup yang tidak berada pada posisi yang tepat akan membuat mobil menjadi berisik. Jika sudah parah bahkan dapat menyebabkan kebocoran kompresor. Mekanik akan mengatur ulang celah katup ini dengan menggunakan tekanan oli mesin.

  • Berbagai cairan fluida

Beberapa cairan fluida seperti oli transmisi, oli mesin, minyak rem, oli gardan, dan oli power steering adalah contoh cairan yang akan diperiksa. Mekanik akan mengecek apakah volume cairan tersebut masih cukup untuk digunakan dan melihat apakah kondisinya masih bagus atau tidak. Jika dirasa sudah tidak layak pakai, maka cairan ini akan diganti dengan yang baru.

Itulah tadi beberapa perbedaan antara servis rutin dan tune up mobil. Jadi, sebagai pemilik mobil, Anda tidak boleh melupakan kedua hal tersebut. Saat ini Anda bisa menggunakan Otomall.id untuk mencari tempat terbaik melakukan tune up dan servis rutin. Otomall.id sudah memiliki banyak mitra bengkel dan teruji kualitasnya. Untuk lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi websitenya di www.otomall.id.