Selain Sepeda Downhill, Ini Jenis Mountain Bike Lainnya Untuk Dipilih

Selain Sepeda Downhill, Ini Jenis Mountain Bike Lainnya Untuk Dipilih

Bisa dikatakan bahwa sepeda downhill adalah salah satu jenis mountain bike atau MTB yang paling laris di pasaran. Ya, bentuknya yang keren dan juga spesifikasi yang gahar membuat orang-orang terkesima dengan sepeda downhill. Meskipun, harga dari sepeda downhill cenderung paling mahal jika dibandingkan dengan mountain bike lainnya.

Harga yang mahal mungkin bisa dimengerti karena memang sepeda downhill memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni dan detail sepeda yang lebih istimewa. Namun, jika Anda ingin membeli sepeda gunung dengan harga yang di bawah sepeda downhill, maka ada beberapa jenis MTB lain yang bisa Anda pilih.

Apa saja jenis mountain bike tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Jenis Sepeda Gunung Selain Downhill

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak jenis sepeda gunung selain sepeda downhill. Adanya beragam sepeda gunung tersebut tentu saja akan membuat Anda leluasa untuk memilih mana sepeda yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Adapun beberapa jenis sepeda gunung tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sepeda gunung cross country

Sepeda gunung cross country adalah salah satu sepeda trail yang lebih ringan. Umumnya, jenis sepeda ini digunakan untuk menjelajah area perbukitan dengan cepat saat menanjak dan juga turunan. Tentu saja, trek yang dilalui cenderung rata.

Nah, jenis MTB ini memiliki desain yang cenderung efisien dengan berat yang cukup ringan. Ciri khas dari sepeda ini adalah bagian head tube yang lebih tegak sehingga sepeda bisa digunakan berbelok lebih cepat dan lebih mudah.

  • Sepeda gunung trail

Sepeda gunung trail secara sekilas mirip dengan sepeda downhill karena memiliki dua buah suspensi. Meskipun demikian, detail suspensi terutama di bagian depan tentu saja sangat berbeda.

Perlu diketahui bahwa sepeda trail termasuk salah satu sepeda yang bisa digunakan untuk berbagai jenis medan yang berbeda, mulai dari jalan pendakian, turunan, ataupun juga off road. Apa yang menarik dari jenis MTB ini adalah rangka yang cenderung lebih landai sehingga keseimbangan pengendara akan lebih maksimal.

Tidak hanya itu, sepeda jenis ini juga memiliki setang yang cenderung lebih panjang. Hal inilah yang nantinya akan membuat kemudi menjadi lebih maksimal.

  • Sepeda gunung all mountain

Jenis MTB lain yang bisa Anda pilih adalah sepeda gunung all mountain. Ini adalah sepeda gunung yang digunakan untuk trek yang cenderung lebih serius dan ekstrem. Cukup banyak kalangan yang menyebut jenis sepeda ini sebagai kombinasi sepeda cross country dengan tambahan dropping.

Umumnya, sepeda gunung all mountain memiliki rangka yang kuat dan juga suspensi yang lebih panjang. Keduanya tentu akan menunjang penggunaan sepeda di trek yang lebih rumit dan susah. Selain itu, detail rangka tersebut tetap akan membuat sepeda ini mampu digunakan untuk melakukan manuver meskipun berada di trek yang sulit.

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok dari sepeda gunung all mountain dengan jenis MTB lainnya adalah travel suspensi. Pada sepeda ini digunakan suspensi dengan travel antara 140 hingga 170 mm, sementara untuk MTB lainnya umumnya adalah 100 hingga 120 mm saja.

Nah, beberapa poin di atas adalah jenis MTB yang tersedia untuk dijadikan pilihan selain sepeda downhill. Tentu saja, Anda bisa melihat lebih jauh detail dan spesifikasi dari MTB yang Anda inginkan tersebut. Dengan pertimbangan spesifikasi yang tepat, tentu bersepeda akan menjadi hal yang lebih menyenangkan dan menyehatkan.

Deskripsi: sepeda downhill adalah salah satu jenis MTB yang paling mahal. Selain jenis sepeda downhill, ada cukup banyak jenis MTB yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.