TIPS MEMULAI JASA RENOVASI TERUTAMA JIKA ANDA TELAH BERGABUNG DI PADI UMKM BAGIAN II

TIPS MEMULAI JASA RENOVASI TERUTAMA JIKA ANDA TELAH BERGABUNG DI PADI UMKM BAGIAN II

Kontraktor dan jasa konstruksi akan terus dan akan selalu dibutuhkan hingga masa depan nanti. Oleh sebab itu, Jasa konstruksi memiliki peluang bisnis atau usaha yang sangat menjanjikan. Berikut ini adalah lanjutan dari beberapa tips sebelumnya bila ingin memulai bisnis jasa konstruksi :

Langkah kelima, Memiliki Izin Usaha Setelah mendapatkan fokus utama dari usaha jasa konstruksi yang ingin ditekuni, tips berikutnya adalah mendapatkan izin usaha atas bisnis jasa konstruksi tersebut. Ada banyak sekali jenis perusahaan yang bisa digunakan mulai dari CV atau PT.  Kedua jenis perusahaan tersebut sama-sama memiliki aturan tertentu baik dalam urusan permodalan hingga keuntungan. Perusahaan dengan jenis CV memiliki lingkup kegiatan usaha yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan PT atau Perusahaan Terbatas. Umumnya perusahaan berjenis CV hanya bergerak pada bidang pembangunan, perdagangan, dan berbagai usaha tertentu.

Langkah keenam yaitu Mendapatkan Modal Bisnis dari perusahaan atau pemilik dana lain, Setelah izin usaha dipenuhi, tips berikutnya adalah mendapatkan modal untuk memulai usaha jasa konstruksi. Perlu diingat bahwa dalam bisnis jasa konstruksi, modal yang dibutuhkan sangat besar, sehingga pemilihan jenis perusahaan menjadi sangat penting. Dengan memilih jenis perusahaan yang tepat, seseorang yang ingin mengembangkan bisnis jasa konstruksi bisa mendapatkan nominal modal pinjaman yang tepat. Modal bisnis untuk bisnis kontraktor yang cukup besar bisa didapatkan melalui perantara pinjaman dari bank.

Langkah ketujuh yaitu Mulai Bekerja Sama dengan Mitra Terpercaya, Setelah mendapatkan modal, mulai bekerja sama dengan mitra yang bisa dipercaya. Tips ini sangat berkaitan dengan tips sebelumnya yakni membangun networking. Adanya networking yang luas tentu akan memudahkan dalam mendapatkan mitra-mitra yang terpercaya. Mitra-mitra yang berkaitan pada bisnis jasa konstruksi antara lain supplier bahan baku material, subkontraktor, hingga tenaga kerja borongan yang akan mengerjakan proyek.

Langkah ke delapan yaitu mempromosikan Bisnis jasa konstruksi yang akan dibangun, Tidak ada gunanya membuat sebuah bisnis jasa konstruksi, memiliki jejaring, hingga modal yang kuat tanpa promosi usaha. Baik usaha kontraktor juga memerlukan promosi yang tepat agar dikenal dan mendapatkan klien serta proyek. Nantinya dengan klien dan proyek ini akan mendapatkan keuntungan yang bisa diraup. Beberapa cara promosi bisa dilakukan mulai dengan melakukan promosi dari strategi mulut ke mulut.

Langkah ke Sembilan yaitu Memperluas Bisnis, Mengikuti tender dari berbagai instansi atau perusahaan tidak hanya sebagai ajang promosi semata, tetapi juga bisa sebagai ajang untuk memperluas bisnis. Mungkin sebagai kontraktor pemula, nama perusahaan kontraktor tidak akan dilirik. Namun dengan mengikuti tender, bisa sebagai ajang untuk berkenalan dengan calon klien. Yang terpenting adalah lebih aktif dalam mencari peluang yang tersedia untuk usaha kontraktor.

Langkah terakhir yaitu Lakukan Pembukuan, Salah satu kesalahan pembisnis ialah saat mereka tidak memiliki pembukuan yang baik dan jelas, maka dari itu pembukuan adalah salah satu yang dapat membantu Anda dalam melakukan pencatatan penjualan, menunjukan jumlah keuntungan, penghitungan laporan keuangan secara akurat dan jelas.